Langsung ke konten utama

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir

Cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir selayaknya memang diketahui oleh orang tua. Apalagi di musim hujan, bayi rentan terkena penyakit flu dan batuk. Penyakit itu dapat menyebabkan dahak pada bayi.

Bayi belum dapat mengeluarkan dahaknya sendiri. Dahak itu sangat mengganggu pernapasan dan proses menelan ASI. Bayi biasanya menangis karena merasa tidak nyaman dikarenakan adanya dahak pada dirinya.

Berikut ini ibudokter.com akan menjelaskan bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir:
 
1. Menghirup uap

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir

Menghirup uap merupakan salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi. Dengan cara ini, dahak akan menjadi lebih encer disebabkan oleh uap air. Dan dahak menjadi mudah untuk dikeluarkan.

Berikut ini cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan menghirup uap:

  • Siapkan baskom berisi air hangat. Air hangat dicampur dengan minyak kayu putih ataupun minyak telon secukupnya.
  • kemudian, bawa bayi mendekat dengan baskom tersebut. Dengan tujuan agar bayi bisa menghirup uang dari air hangat yang ada di dalam baskom tersebut.
  • Posisikan bayi pada posisi tengkurap.
  • tepuk-tepuklah punggung bayi, sehingga dahak yang ada pada bayi perlahan-lahan akan menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Dalam melakukan cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir dengan cara menghirup kan uap pada bayi diwajibkan berhati-hati.  Jangan sampai bayi jatuh ke dalam baskom dan basah akibat terkena air hangat tersebut.
 
2. Menghangatkan tubuh bayi

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir


Menghangatkan tubuh bayi merupakan salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir.

Menghangatkan tubuh bayi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dapat dilakukan dengan memandikan bayi atau berendam beberapa saat di dalam air hangat agar tubuh bayi menjadi hangat.

Dengan cara ini suhu tubuh bayi akan menjadi hangat juga dan dahak akan menjadi encer sehingga mudah untuk mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir.

Sementara itu, pakaikan baju hangat dan oleskan minyak telon pada tubuh bayi agar tubuh bayi menjadi hangat. Akan tetapi, ada beberapa bayi yang alergi dengan minyak telon, jadi perlu diperhatikan dengan baik.

Di saat bayi beristirahat perhatikan ruangannya untuk selalu menjaga kehangatannya dan juga kebersihan ruangan itu dari debu agar dahak pada bayi tidak menumpuk. Dengan hangatnya tubuh bayi, bayi tidak akan rewel dan gelisah karena dahaknya sudah keluar.
 
3. Berjemur di pagi hari


Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir


Berjemur di pagi hari merupakan salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir. Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan bayi. Bahkan untuk orang dewasa juga.

Dengan berjemur bayi akan mendapatkan manfaat seperti kesehatan tulang dan pernapasan. Karena berjemur di pagi hari menyebabkan dahak menjadi encer sehingga akan mudah mengeluarkan dahak pada bayi yang baru lahir.
Berikut ini cara berjemur di pagi hari pada bayi:

  • Jemurlah bayi sekitar 10 menit di bawah sinar matahari pada pukul 7-8 pagi
  • Posisi bayi tengkurap pada pangkuan, kepalanya lebih rendah dari tubuhnya, kemudian oleskan minyak telon pada punggung dan dadanya.
  • Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut penuh kasih sayang.
Dengan langkah-langkah di atas maka dahak dari tenggorokan bayi akan dapat dikeluarkan. Sementara itu, dahak yang belum keluar dari tenggorokan bayi akan tertelan dan dikeluarkan bersama kotoran nantinya.

4. Tepuk punggung bayi dan telungkupkan dengan perlahan

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir

 
Tepuk punggung bayi dan telungkupkan dengan perlahan, merupakan  cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir yang umum dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Berikut ini cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir dengan sederhana:

  • Posisi bayi dalam posisi tengkurap
  • Lalu tepuk punggungnya dengan perlahan-lahan
  • Biasanya dahak pada bayi akan dimuntahkan atau dikeluarkan bersama urin nantinya.

Cara ini dapat dikombinasikan dengan cara-cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir yang sudah disebutkan di atas. Menelungkupkan dan menepuk punggung bayi dengan perlahan adalah cara yang dapat dilakukan dengan menghirup kan uap dan juga menjemur bayi di pagi hari.

Begitulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir yang dapat dilakukan orang tua di rumah. Cara-cara sederhana ini memang mudah untuk dilakukan. Namun tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Bila masalah pada dahak bayi belum kunjung mereda, silakan periksakan ke dokter terdekat.
  

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Bawang Putih

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Bawang Putih
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Bawang Putih


Orang tua dapat memanfaatkan rempah-rempah di dapur untuk mengeluarkan dahak pada anak. Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih, jahe, ginseng, dan sebagainya.

Di dalam rempah-rempah tersebut ada kandungan zat-zat yang dapat membunuh virus yang menyebabkan dahak pada anak. Orang tua dapat memberikan rempah-rempah tersebut dengan mencampurkannya pada makanan dan minuman anak.
 

Daun Sirih untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Daun Sirih untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi
Daun Sirih untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Berdasarkan artikel yang diterbitkan South Asian Journal Of Cancer mengemukakan manfaat daun sirih untuk mengeluarkan dahak pada bayi, karena dipercaya bahwa minyak yang diekstraksi dari daun sirih berfungsi untuk menghangatkan, maka dengan demikian dapat membantu memanaskan tubuh, sehingga dapat mengurangi masalah seperti dahak yang menyebabkan hidung tersumbat.
Dalam pengobatan Cina, daun sirih dimanfaatkan untuk mengobati bermacam penyakit dan memiliki sifat detoksifikasi, anti mutasi dan antioksidan.

Sejumlah percobaan pada daun sirih dilakukan, ekstrak daun sirih dan senyawa yang dimurnikan berperan bagi kesehatan mulut, dan memiliki khasiat, seperti anti diabetes, anti peradangan, kardiovaskuler, mencegah asam lambung, anti infeksi, dan pelindung hati.

Ekstrak daun sirih dan senyawa yang telah dimurnikan dapat bermanfaat untuk anti kanker, anti inflamasi dan imunomodulator.
 

Bayi Mengeluarkan Dahak Dengan Muntah

Bayi Mengeluarkan Dahak Dengan Muntah
Bayi Mengeluarkan Dahak Dengan Muntah

Sebab bayi mengeluarkan dahak dengan muntah, adalah saat bayi mengeluarkan dahak hindari menyedot hidung bayi saat selesai menyusui atau makan, sebab akan menyebabkan muntah. Jika bayi mengalami muntah dan sulit bernapas, ibu dapat membatasi penyedotan.

Cara yang baik mengeluarkan dahak pada bayi yaitu, dengan menghangatkan tubuh bayi atau di atas juga sudah dijelaskan cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir.
 

Cara mengeluarkan dahak pada bayi 1 Tahun

Cara mengeluarkan dahak pada bayi 1 Tahun
Cara mengeluarkan dahak pada bayi 1 Tahun

Cara mengeluarkan dahak pada bayi 1 tahun ialah dengan memposisikan bayi pada posisi tengkurap. Baringkanlah bayi dengan posisi tengkurap pada pangkuan ibu atau ayah, posisikan kepala bayi lebih rendah dari pada kakinya, selanjutnya tepuk lembut punggung bayi dengan perlahan.
 
Penyebab dahak ialah batuk dan pilek, penyakit ini disebabkan infeksi virus dan infeksi bakteri. Jika hal ini terjadi, orang tua dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • ASI dan MPASI tetap diberikan pada bayi lebih dari usia 6 bulan
  • Letakkan selimut kecil di bawah kepala bayi agar bayi bisa bernafas dengan lega
  • Siapkan wadah yang berisi air panas di dalam ruangan yang tertutup, agar uap pada air hangat dapat dihirup bayi
  • Paha dan punggung bayi tepuk secara perlahan untuk melegakan sistem pernapasannya.
  • Berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat batuk dan pilek.

Lendir Pada Bayi Baru Lahir

Lendir Pada Bayi Baru Lahir
Lendir Pada Bayi Baru Lahir

Lendir pada bayi baru lahir di saluran pernapasan dapat disebabkan karena infeksi debu, virus atau benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan bayi seperti hidung. Hal seperti ini normal dialami oleh bayi, anak-anak maupun orang dewasa.

Yang membedakan ialah orang dewasa dapat mengeluarkan lendir dengan bersin atau batuk. Namun lendir pada bayi baru lahir, sulit dikeluarkan karena reflek mengeluarkan lendir yang belum baik, disebabkan posisi bayi lahir yang selalu tidur terus.

Lendir pada bayi baru lahir dapat menyebabkan suara grok-grok keras dikarenakan saluran pernafasan bayi yang masih kecil sehingga mengakibatkan suara grok-grok saat bayi bernafas. Namun, orang tua tidak perlu khawatir karena dengan bertambahnya usia, nafas bayi yang berbunyi grok-grok itu akan hilang.
 

Alat Penyedot Dahak Bayi

Alat Penyedot Dahak Bayi
Alat Penyedot Dahak Bayi

Sebenarnya tidak dianjurkan orang tua menggunakan alat penyedot dahak bayi dari bahan karet. Jika diperlukan, gunakanlah untuk menyedot dahak pada bagian hidung dan mulut. Ibu dapat menyedot mulut terlebih dahulu, dengan menempatkan ujung penyedot ke dalam rongga mulutnya.

Jika ingin tahu lebih lanjut cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir tanpa alat penyedot dahak bayi, dapat di baca pada judul cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir.

Komentar

Posting Komentar