Langsung ke konten utama

Bayi Umur 4 Bulan Bisa Apa

Bayi umur 4 bulan bisa apa? Jawabnya adalah Bayi 4 bulan biasanya sudah bisa berguling dari posisi tengkurap ke telentang, dan begitu sebaliknya.

Berat badan bayi yang umur 4 bulan biasanya sudah bertambah menjadi 2 kali lipat dibandingkan saat dilahirkan. Bayi 4 bulan yang berjenis kelamin laki-laki biasanya berbobot 5,6 sampai 8,6 kg dengan panjang kira-kira 60 sampai 67,8 cm. Sedangkan bayi berjenis kelamin perempuan, biasanya berbobot 5,1 sampai 8,1 kg dengan panjang 58 sampai 66,2 cm.

Bayi Umur 4 Bulan Bisa Apa
Bayi Umur 4 Bulan Bisa Apa 


Bayi umur 4 bulan mulai dapat menangkap vokal dan konsonan pembentuk kata-kata dasar dalam bahasa yang sering didengar. Walaupun belum bisa mengidentifikasi kata-kata itu sebagai nama sebuah benda atau panggilan orang lain, akan tetapi bayi akan tetap semangat dalam mengucapkan suku-suku kata tersebut. 

Ciri Bayi Cerdas Usia 4 Bulan 


Berikut ini ciri bayi cerdas usia 4 bulan :

Ciri Bayi Cerdas Usia 4 Bulan
Ciri Bayi Cerdas Usia 4 Bulan 


1. Terampil dalam berkomunikasi dan berbahasa 

Rata-rata anak mengucapkan kata pertamanya di usia 1 tahun dan mulai dapat menyebutkan gabungan kata terjadi pada umur 18 bulan. Jika bayi menampakkan ketertarikan pada bahasa. 

Contoh: ketika bayi dan ibunya membaca buku, atau bayi dapat mengucapkan gabungan beberapa kata misalnya pada usia 14 bulan, maka ini merupakan ciri-cir bayi pintar dalam komunikasi, dan bayi ini bisa memahami instruksi dengan mudah.

2. Emosional Yang Kuat Adalah Ciri Bayi Cerdas

Bayi yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Tidak hanya terampil dalam berkomunikasi, namun kuat secara emosional. Namun masih dalam usia dini, tetapi bayi ini sudah mampu memahami emosi yang positif dan negatif sejak dini, memiliki pemikiran yang komplek dan dewasa. 

3. Waspada dan Fokus 

Ciri bayi cerdas usia 4 bulan mampu mengenali arah datangnya suara atau melakukan kontak mata dengan yang ada di depannya. Akan tetapi anak fokus seperti, bayi tersebut dapat melakukan sesuatu tanpa mudah terganggu dan tidak gampang bosan. 

Tips untuk mengasah fokus bayi adalah sering mengajaknya membaca buku ataupun mendengarkan cerita. Sediakan mainan seperti puzzle dan balok untuk membantu tingkat fokus pada bayi. 

4. Lebih cepat mencapai perkembangan baru

Bayi memiliki pencapaian perkembangan barunya dalam waktu yang berbeda-beda. Bayi cerdas usia 4 bulan dalam mencapai perkembangannya lebih awal dari bayi pada umumnya, baik secara fisik, emosional dan kognitif.

Seperti: duduk lebih cepat, memegang sendok lebih cepat dan sebagainya. 

5. Punya rasa ingin tahu 

Ciri bayi cerdas adalah suka mengeksplor, bermain dengan apapun yang dilihatnya, memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, atau memberantakkan kembali mainan yang baru saja dirapikan ibunya. 

Nanti disaat bayi semakin besar, ibu perlu bersiap-siap dengan sederet pertanyaan yang akan ditanyakannya. Sebaiknya jawablah pertanyaan anak dengan jawaban yang benar, bukan jawaban yang asal-asalan.

Dapat juga menyediakan buku-buku yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaannya. 

6. Problem solving baik

Bayi yang cerdas akan berusaha mencari jalan keluar dengan tekun dan baik. Contohnya, bayi tersebut akan mencari cara agar dapat menggapai mainannya. Bila bayi berada pada posisi ini, maka sebaiknya ibu membantunya agar bisa berhasil dan tidak cepat menyerah. 

7. Suka menyendiri

Suka menyendiri merupakan ciri bayi yang cerdas, bayi yang pintar biasanya lebih nyaman bermain sendiri dan mampu membuat dirinya terhibur. Sementara itu bayi yang cerdas suka bermain dengan bayi  yang usianya lebih tua.

Ibu tidak perlu memaksakan bayinya untuk bermain dengan bayi yang lain. Namun ajari dia untuk berada di sekitar anak-anak yang lain. 

8. Daya ingat yang kuat 

Bayi yang cerdas memiliki daya ingat yang kuat. Disaat kita sekolah dulu, teman-teman kita dianggap pintar, walaupun teman kita tersebut tidak rajin belajar. Ya anak-anak seperti ini memiliki daya ingat yang kuat sebagai kelebihan dirinya. 

Contoh ciri bayi pintar memiliki daya ingat yang kuat, ialah bayi tersebut mudah mengingat wajah orang, mengingat nama dan lain sebagainya. 

9. Keras Kepala
Keras kepala artinya adalah bayi yang punya tekad yang kuat, dan berusaha menggapai apa yang mereka inginkan.

10. Tidurnya lebih sedikit 

Bayi yang pintar cenderung tidurnya lebih sedikit dibandingkan dengan bayi-bayi lain yang seusianya. Mereka mempunyai energi yang melimpah dan otaknya selalu terstimulasi, yang menjadikan bayi tersebut sulit untuk duduk tenang atau tidur.

Walaupun tidurnya lebih sedikit atau sebentar, biasanya tidak akan memberikan dampak yang negatif bayi si bayi. 

11. Bobotnya besar saat lahir

Saat bayi lahir dengan berat badan yang besar, mungkin orang tua akan berpikir bahwa bayinya mengalami obesitas atau mungkin ibunya mengalami gangguan kesehatan ketika mengandung, yaitu diabetes gestasional. 

Akan tetapi, Saat bayi lahir dengan bobot yang besar, berhubungan dengan kecerdasan ekstra. Namun hal ini bukan disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan. Melainkan bayi tersebut mendapatkan nutrisi dengan baik. 

Jadi, untuk mempunyai bayi yang cerdas, orang tua perlu menjaga asupan dengan baik, mempertahankan berat badan ibu yang ideal selama masa kehamilan. 

12. Dapat mengaitkan informasi

Dapat mengaitkan informasi atau memprediksi tindakan adalah merupakan ciri bayi yang cerdas. 

13. Imajinatif

Daya imajinatif yang tinggi merupakan ciri bayi pintar. 
 

Bolehkah Bayi 4 Bulan Diberdirikan

Bolehkah Bayi 4 Bulan Diberdirikan
Bolehkah Bayi 4 Bulan Diberdirikan

Bayi yang berusia 4 bulan dapat mengangkat kepalanya sejajar dengan tubuh dan menggunakan tangannya sebagai penopang. Tangan dan kaki bayi yang usianya 4 bulan makin bebas untuk bergerak, dan bayi usia 4 bulan tersebut mulai dapat mengekspresikan diri.

Bayi tersebut dapat menggerak-gerakkan tubuhnya, seperti mengangkat kakinya atau menghisap jempol kakinya untuk bermain-main sendiri, ataupun kadang-kadang memperhatikan tangannya yang dapat bergerak-gerak. 

Penglihatan bayi usia 4 bulan semakin baik. Mata bayi tersebut dapat mengikuti arah benda bergerak, dari suatu tempat ke tempat lainnya. Jika ibu menggulingkan bola di lantai, bayi usia 4 bulan itu mungkin akan menoleh untuk mengikuti arah kemana bola tersebut berguling. 

Saat diberdirikan, kaki bayi yang usianya 4 bulan sudah dapat menjejak, meskipun belum dapat berdiri sendiri. Ibu juga dapat mendudukan si bayi yang usianya 4 bulan tersebut, disebabkan tulang belakang si bayi sudah cukup kuat untuk menahan tubuhnya.

Bayi yang usianya 4 bulan sudah mulai berkomunikasi dengan orang tua dan lingkungannya, dan kadang-kadang si bayi akan terlihat seolah-olah mengajak orang tuanya berbicara. Si bayi sudah dapat memperhatikan pergerakan bibir ibunya, dan si bayi dapat menirukan kata yang didengarnya.

 
Bayi yang usianya 4 bulan akan lebih sering berceloteh seperti mengucapkan  Mama atau Ayah. Nah, ibu dapat mengembangkan kemampuan bayi, sering-seringlah mengajak bayi untuk berkomunikasi. Seperti mengucapkan kata-kata sederhana Ayah atau Ibu.
 

Jadwal Kegiatan Bayi 4 Bulan 

Jadwal Kegiatan Bayi 4 Bulan
Jadwal Kegiatan Bayi 4 Bulan 

Melakukan kegiatan yang teratur untuk tidur, bermain, makan dan aktifitas lainya membuat hidup lebih mudah, tak hanya bagi orang tua, namun juga kepada si bayi. Berikut ini ada panduan untuk menanamkan rutinitas keseharian yang teratur pada si bayi.

Rasanya  baru kemarin ibu dapat memprediksi alur kegiatan si bayi, ternyata kini si bayi sudah berusia 4 bulan, kini saatnya mengubah jadwal kegiatan si bayi. Seiring bertambahnya umur si bayi, bayi akan membutuhkan sedikit tidur pada siang hari dan lebih banyak bermain.

Pada mulanya bayi membutuhkan makanan padat sekali saja dalam sehari, namun lama kelamaan menjadi beberapa kali dalam sehari. Saat perubahan ini terjadi, jadwal kegiatan bayi 4 bulan juga mengalami perubahan.

Silakan baca referensi tentang tumbuh kembang anak untuk mengetahui bagaimana cara menyikapinya.

Komentar

  1. Perkongsian bermaklumat terutama buat mereka yang baru menimang cahaya mata

    BalasHapus

Posting Komentar