Langsung ke konten utama

Stimulasi Bayi Perbulan

Stimulasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar pada anak, agar anak dapat tumbuh dan kembang secara optimal.


Stimulasi tumbuh dan kembang anak dapat dilaksanakan oleh setiap orang yang berinteraksi dengan anak, dimulai dari ibu, ayah, pengasuh anak, anggota family lain, dan kelompok masyarakat pada lingkungan rumah tangga masing-masing dalam kehidupan sehari-hari.

Stimulasi Bayi 1 Bulan

Ibu dapat memberikan stimulasi bayi 1 bulan seperti berikut ini:


Stimulasi Bayi 1 Bulan
Stimulasi Bayi 1 Bulan


1. Mengangkat kepala

Letakkan bayi yang berusia 1 bulan pada posisi telungkup. Gerakkan mainan yang berwarna cerah, atau ciptakan suara-suara gemberi di depan si bayi, sehingga bayi akan belajar mengangkat kepalanya. Secara perlahan-lahan, si bayi akan belajar memakai kedua lengannya untuk mengangkat kepada serta dadanya.

2. Melihat, meraih dan menendang pada mainan gantung

Ikatlah tali menyilang di atas tempat tidur si bayi, gantungkan pada tali tersebut benda atau mainan yang berbunyi, berputar dan mempunyai warna yang cerah. Si bayi akan tertarik melihat, menendang dan menggapai benda tersebut. Orang tua harus memastikan agar mainan atau benda tersebut tidak masuk ke dalam mulut si bayi, dan pastikan tali tidak dapat terlepas dari ikatannya.

3. Mengenail berbagai suara

Ajaklah si bayi untuk mendengar berbagai suara seperti suara musik, radio, TV, orang berbicara dan lain-lain. Ibu dapat menciptakan suara dari mainan kerincingan, bel, atau mainan yang dipencet. Perhatikanlah reaksi si bayi saat melihat suara yang berlainan.

4. Berbicara

Setiap hari ajaklah si bayi untuk berbicara sesering mungkin, gunakan berbagai kesempatan seperti disaat memandikan, mengenakan pakaian, memberi ASI, berbaring di tempat tidur, disaat ibu mengerjakan rumah tangga dan lain sebagainya.

5. Memberi rasa nyaman dan kasih sayang

Sering-sering memeluk bayi dan membelainya. Bicara pada si bayi dengan halus dan lembut, dan penuh kasih sayang. Ajaklah sibayi di dalam kegiatan-kegiatan ibu. Disaat si bayi menangis, cari penyebabnya dan atasi masalahnya.

6. Mengajak si kecil untuk Tersenyum

Ajak si bayi untuk tersenyum dan menatap matanya sesering mungkin. Balaslah disetiap kali si bayi tersenyum kepada ibu, buat suara-suara yang menyenangkan dan berbicara dengang si bayi dengan senyum.

Stimulasi Bayi 2 Bulan

Stimulasi Bayi 2 Bulan
Stimulasi Bayi 2 Bulan

Pada saat bayu berusia 2 bulan, penglihatan dan pendengaran bayi semakin berkembang. Bayi juga akan belajar tengkurap dan mengangkat kepala.

Sejak diawal pertumbuhan si bayi, orang tua perlu mengetahui perkembangan yang dialami bayinya, mulai dari penglihatan, pendengaran, dan gerakan, serta stimulasi yang dapat diberikan ke bayi untuk mengoptimalkan perkembangannya.

Berikut ini akan dijelaskan stimulasi bayi 2 bulan yang dapat dilakukan ibu.

1. Berguling-guling

Letakan mainan yang berwarna cerah di dekat si bayi agar si bayi melihat dan tertarik pada mainanan tersebut. Selanjutnya, pindahkan mainan itu ke sisi yang lain secara perlahan. Pertama-tama, si bayi mungkin perlu bantuan dengan menyilangkan paha agar badannya ikut bergerak miring, sehingga si bayi lebih dapat berguling dengan mudah. 

Saat si bayi berguling, tersenyumlah pada si bayi dan tunjukkan rasa sayang kita ke si bayi. Jagalah agar si bayi tidak jatuh dari tempat tidur atau ketinggian lain.

2. Memperhatikan benda yang bergerak

Si bayi suka memperhatikan wajah seseorang, benda, gambar atau berbagai mainan yang berwarna cerah.  Dekatkan wajah ibu, benda, gambar dan mainan menarik ke wajah si bayi, agar si bayi dapat melihat dan memperhatikannya.

Pelan-pelan, gerakkan wajah ibu atau benda-benda itu ke sisi kiri dan sisi kanan, sehingga si bayi dapat mengikuti pergerakannya.

3. Menirukan Suara-Suara

Tirukan ocehan-ocehan si bayi sesering mungkin, maka si bayi akan menirukan kembali suara ibu.

4. Mengajak si Kecil Tersenyum

Sering-sering ajak si bayi untuk tersenyum dan tatap matanya. Balas terseyum jika si bayi tersenyum, buat suara-suara yang dapat menyenangkan si bayi, ajak si bayi berbicara sambil tersenyum.

Setiap bayi yang dilahirkan merupakan individu yang unik. Masa tumbuh kembang pada bayi merupakan faktor yang penting bagi bayi sejak masa di kandungan hingga mulai masuk sekolah dan terjadi hanya sekali seumur hidup. Jika si bayi belum mencapainya untuk saat ini, maka si bayi akan mencapainya tidak lama lagi.

Stimulasi Bayi 3 Bulan 

Stimulasi Bayi 3 Bulan
Stimulasi Bayi 3 Bulan

Disaat bayi berumur 3 bulan, ibu dapat melakukan stimulasi bayi 3 bulan. Di saat umur bayi 2 bulan, penglihatan dan pendengaran bayi mulai berkembang. Aktivitas yang dapat dilakukanpun beragam. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk stimulasi bayi 3 bulan adalah sebagai berikut:


1. Mengenalkan Warna Dan Tekstur Benda

Latihlah penghilatan bayi dengan menunjukkan berbagai variasi benda. Tidak perlu jauh-jauh, Ibu dapat melatihnya dengan menunjukkan mainan-mainan, seperti bola lembut, boneka, dan mainan plastik. Dengan ini Ibu dapat merangsang bayi untuk mengenal warna.

Ibu juga dapat mengenalkan pada bayi tentang tekstur mainan-mainan tersebut. Biarkan bayi menyentuh mainannya dengan bebas, itu akan membuat bayi dapat mengenali dan membedakan terkstur mainan-mainan itu secara alami.

2. Mengajak Berbicara dengan Jarak Yang Agak Jauh

Di saat kelahiran bayi ke dunia, Ibu mungkin sering mengajak bayi bercerita dengan membisikkan kata-kata di dekat telinganya. Mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut disaat bayi sudah berusia 3 bulan. Latih si bayi untuk mengenali suara dari jarak yang agak jauh. 

Caranya adalah dengan Ibu mengajak bayinya dengan jarak beberapa meter, seperti saat berbicara dengan orang dewasa.

Stimulasi ini dapat membuat pendengaran bayi akan lebih sensitif, Ibupun dapat mengenali, jika terjadi gangguan pada pendengaran bayi.

3. Biasakan Bertemu dengan Orang Banyak

Stimulasi dapat membuat bayi tidak bergantung kepada ibunya. Disaat bayi berumur 3 bulan, biasanya bayi suka tersenyum. Inilah saat yang baik untuk mengenalkan bayi kepada keluarga atau orang lain.

Membiasakan bayi bertemu dengan orang banyak, merupakan hal yang penting dalam lingkungan sosial. Bayi tidak akan mudah rewel, saat dikelilingi orang banyak atau lepas dari gendongan ibu untuk beberapa menit. Mungkin si bayi butuh waktu untuk akrab dengan orang lain.

4. Tirukan Ekspresi Bayi 

Ibu akan menyadari si bayi akan mulai cerewet disaat usianya mulai 3 bulan ke atas. Ekspresinya sudah mulai beragam. Cobalah untuk menirukan gumaman dan ekspresinya. Hal ini dapat membantu bayi mengekplorasi ekspresinya berdarkan ekspresi si ibu. 

Menirukan gumamannya merupakan cara memberi pelajaran kepada si bayi, disaat ibu menirukan kata-katanya, ia akan meniru kembali dan mengenali pola gumamannya.

5. Membuat Fokus Saat Menyusui

Pendengaran bayi yang baik akan membuatnya menjadi lebih mudah beralih. Ia tidak fokus pada satu kegiatan karena adanya gangguan dari suara-suara di sekitarnya. Ini juga terjadi saat bayi menyusu, bayi akan sering meninggalkan kegiatan menyusunya karena perhatiannya sudah tertuju pada suara lain.

Bunda dapat melatih fokusnya disaat bayi sedang menyusu, cobalah redam suara disekitar bayi saat bayi sedang menyantap makanan eksklusifnya itu. matikan tv atau handphone dan carilah tempat yang sunyi.

Melakukan stimulasi yang tepat sesuai dengan tingkat usianya dapat mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan kognitif anak. Kembangkan dan kenali potensi bayi atau anak agar tumbuh menjadi generasi anak maju.

Stimulasi Bayi 4 Bulan

Stimulasi Bayi 4 Bulan
Stimulasi Bayi 4 Bulan

Berikut ini stimulasi bayi 4 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

1. Menyangga Berat

Angkat si bayi melalui bawah ketiaknya ke posisi berdiri. Pelan-pelan turunkan badan si bayi hingga kedua kakinya menyentuh meja, tempat tidur atau pangkuan Ibu. Cobalah agar si bayi mau mengayun-ayunkan badan dengan gerakan naik turun, dan menyangga sebagian berat badan si bayi dengan kedua kakinya.

2. Mengembangkan Kontrol Terhadap Kepala

Agar otot-otot leher bayi kuat, maka perlu melatih kepalanya. Caranya dengan meletakkan si bayi pada posisi telentang, peganglah kedua pergelangan tanganya, tarik perlahan-lahan ke arah ibunya hingga tubuh si bayi terangkat pada posisi setengah duduk. 

Jika sibayi belum bisa mengontrol kepalanya atau kepala tidak ikut terangkat, jangan melakukan latihan ini, tunggu hingga otot-oto leher si bayi lebih kuat.

3. Memegang Benda Dengan Kuat

Letakkan mainan yang berwarna cerah dan berbunyi  di tangan si bayi. Setelah si bayi menggenggam mainan tersebut, tariklah pelan-pelan untuk melatih si bayi memegang dengan kuat benda tersebut.

4. Mencari Sumber Suara

Ajarkan pada si bayi untuk memalingkan wajahnya ke arah sumber suara. Pertama pegang wajah si bayi dan palingkan pelan-pelan ke arah sumber suara atau bisa juga dengan mendekatkan si bayi pada sumber suara.

5. Bermain Cilukba 

Pegangn susuatu benda yang dapat menutupi wajah, bisa pakai kain atau kertas. Kemudian katakan cilukba saat si bayi dapat melihat wajah ibunya lagi, lakukan hal seperti ini berulang-ulang. 

Usahakan si bayi tidak bisa melihat wajah ibunya untuk beberapa saat, kemudian tiba-tiba muncul wajah ibunya kembali dengan suara berseri-seri dan gembira.

Stimulasi Bayi 5 Bulan 

Stimulasi Bayi 5 Bulan
Stimulasi Bayi 5 Bulan

Berikut ini stimulasi bayi 5 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

1. Duduk

Ibu membantuk bayinya untuk bisa duduk sendiri, dudukanlah si bayi di kursi dengan sandaran agar bayi tidak terjatuh ke belakang. Saat bayi duduk dalam posisi tegak, pegang badannya. 

Bila si bayi dapat duduk dengan tegak, dudukan si bayi di lantai yang beralaskan selimut tanpa sandaran atau peyangga.

2. Menirukan Kata-Kata

Saat berbicara dengan si bayi, cobalah untuk mengucapkan beberapa kata berulang-ulang dan ajar si bayi untuk menirukannya. Kata-kata yang dapat dengan mudah ditirukan oleh si bayi seperti kata mama dan papa, namun ia belum dapat mengerti arti dari kata tersebut.

3. Melihat Wajahnya pada Kaca

Diusia 5 bulan biasanya bayi suka melihat wajahnya pada kaca, ibu dapat menunjukkan bayinya pada kaca untuk si bayi melihat refleksi dirinya di kaca tersebut.

Stimulasi Bayi 6  Bulan

Stimulasi Bayi 6 Bulan
Stimulisasi Bayi 6 Bulan

 

Berikut ini stimulasi bayi 6 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

1. Duduk

Bantu si bayi untuk duduk dengan sendiri. Pertama-tama dudukan bayi pada kursi dengan sandaran yang nyaman agar bayi tidak jatuh ke belakang. Ketika si bayi duduk dalam posisi tegak, peganglah badannya.

Bila si bayi dapat duduk dengan posisi tegak, dudukan dia pada lantai yang beralaskan kain yang tebal tanpa sandaran atau penyangga.

2. Makan Sendiri

Ibu memberikan keseempatan pada bayinya untuk makan sendiri, pertama-tama berika dia biskuit sehingga ia dapat makan biskuit sendiri.

3. Mengambil Benda-Benda yang Kecil

Letakkan di dekat bayi makanan atau potongan-potongan biskuit. Ajarkan kepada si bayi untuk mengambil benda-benda tersebut. Apabila sibayi dapat melakukan hal tersebut, ingatlah untuk menjauhkan obat-obat dan benda-benda kecil lainnya dari jangkauan si bayi.

4. Menirukan Kata-Kata 

Saat ibu berbicara dengan anaknya, ucapkan beberapa kata secara berulang-ulang dan ajak si bayi untuk menirukannya. Kata-kata yang biasanya paling mudah untuk ditirukan bayi adalah kata mama dan papa. Akan tetapi bayi tersebut belum mengetahui maknanya.

5. Berusaha untuk Meraih Mainan

Letakkan mainan agak jauh dari jangkauan si bayi. Gerakan mainan-mainan itu serta sambil berbicara kepadanya, supaya si bayi berusaha untuk mengambil mainan tersebut. Namun jangan terlalu lama membiarkan sikecil untuk meraih mainannya agar dia tidak merasa kecewa.

Stimulasi Bayi 7  Bulan 

Stimulasi Bayi 7 Bulan
Stimulasi Bayi 7 Bulan


Berikut ini stimulasi bayi 7 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

1. Redakan Rasa Gatal pada Gusi Bayi

Tumbuhnya gigi tentu akan membuat gusi terasa gatal. Hal ini yang menyebabkan si bayi suka memasukkan benda atau tangan ke dalam mulutnya. Untuk mencegah hal itu, berikan pada bayi mainan teether yang berfungsi untuk digigit bayi 7 bulan.

Ibu juga dapat memberikan buah-buahan dingin  yang sudah dibelnder untuk mengurangi rasa gatal pada gusi si bayi.

2. Lakukan Kegiatan yang Konsisten

Karena si bayi suka hal-hal yang konsisten, ibu dapat melakukan kegiatan yang konsisten untuk membuatnya nyaman dan untuk melatih pendengarannya. Contoh membaca ayat suci Al Quran yang diulang-ulang atau membacakan cerita tentang sahabat nabi setiap malam sebelum tidur.

3. Lantai Bersih

Semakin aktifnya bayi, tentu akan membuat semakin semangatnya bayi untuk merangkak ataupun bergerak ke sana kemari. Pastikan lantai tempat bermain bayi bersih, agar sibayi bebas bergerak dan bebas dari kotor.

4. Jauhkan Bayi dari Benda-Benda Berbahaya.

Untuk menghindari potensi bayi menabrak sudut-sudut perabotan yang tajam, tidak sengaja menelan benda yang ukurannya kecil atau memegang benda yang tajam saat bayi aktif bergerak, sebaiknya letakan benda-benda yang dapat menyebabkan bahaya pada bayi.

5. Berikan Anak Mainan Yang Dapat Merangsang Motorik dan Ingatannya

Saat bayi berusia 7 bulan kemampuan otak dan ingatannya berkembang pesat, untuk itu sebaiknya ibu memberikan permainan yang memang dapat merangsang perkembangan motorik dan ingatannya. Misalnya seperti memberikan mainan menyortir benda yang sederhana.

Stimulasi Bayi 8 Bulan 

Stimulasi Bayi 7 Bulan
Stimulasi Bayi 8 Bulan

Berikut ini stimulasi bayi 8 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

1. Berpegangan Saat Berjalan

Saat bayi telah mampu berdiri, letakkan mainan yang bayi itu sukai di depannya dengan jarak yang agak jauh. Ajakalah bayi tersebut untuk berjalan sembari berpegangan pada panjangnya ranjang dan barang-barang rumah tangga tertentu untuk menggapai mainan itu.

2. Berjalan dengan Bantuan

Pegangalah kedua tangan bayi dan ajak ia melangkah.

3. Memegang Alat Tulis dan Mencoret-Coret

Sediakan krayon atau pensil berwarna dan kertas di atas meja. Kemudian, dudukan bayi di pangkuan ibu. Bantu bayi untuk memegang krayon atau pensil warna tersebut kemudian ajarkan unutk mencoret-coret di atas kertas tersebut.

4. Bermain dengan Mainan yang Mengapung di Air

Ibu dapat membuat mainan dari karton bekas, kotak atau gelas yang terbuat dari plastik tertutup yang dapat mengapung di air. Kemudian biarkan si bayi bermain dengan mainan plastik tersebut saat mandi. Akan tetapi jangan biarkan si bayi sendirian saat mandi atau bermain air.

5. Membuat Bunyi – Bunyian 

Meletakkan mainan yang tidak bisa pecah di tangan kanan dan tangan kiri si bayi. Ajaklah bayi itu membuat bunyi-bunyian dengan cara memukul benda benda tersebut.

6. Kemampuan Berbicara dan Berbahasa

Berbicara mengenali berbagai suara, menirukan kata-kata, mencari sumber suara, menyebutkan nama gambar yang ada di majalah atau buku.

7. Kemampuan Bersosialisasi dan Kemandirian

Memberikan rasa nyaman dan kasih sayang kepada si bayi, mengajak bayi untuk tersenyum, mengayun, bermain-main cilukba, melihat kaca, serta melambaikan tangan saat berpisah dengan orang atau saudara -saudara lain.

Stimulasi Bayi 9 Bulan 

Stimulasi Bayi 9 Bulan
Stimulasi Bayi 9 Bulan

Berikut ini stimulasi bayi 9 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

1. Mainan Bergerak

Letakkan mainan bergerak seperti bola atau mobil, lalu menggelinding atau meluncur melalui trek atau di lantai. Menunjukkan cara memaikan bola atau mobil ke bayi, kemudian minta ia untuk memperhatikan bola atau mobil saat bergerak. 

Bisa juga mainan seperti baling-baling pesawat yang digantung dan berputar, ikan yang bergerak di dalam kolam.

Manfaat dari stimulasi bayi 9 bulan adalah melatih respon mata bayi, matanya akan bergerak untuk mengikuti dan kemana benda itu bergerak.

Mengetahui aneka warna, bentuk dan menambah kosa kata dikarenakan ibu menunjukkan cara bermain dan menyebutkan nama-nama mainan itu. Melatih kemampuan motorik dan sensori disaat bayi berusaha meraih dan memegangnya.

2. Buku Cerita

Pilihlah buku cerita yang mempunyai aneka kontur bisa halus, kasar, dan keras, atau gambar yang muncul dan timbul atau terbuat dari kain. Bacalah cerita di dalam buku cerita tersebut dengan suara yang lembut, jangan dengan suara yang tinggi, bacakan beberapa menit saja, kemudian biarkan bayi untuk mengeksplorasi buku bacaan tersebut.

Beberapa manfaat yang dapat diterima ialah:

Memperkaya kosa kata bayi, sehingga membantu kemampuan bicaranya. Pesan moral dalam buku cerita bisa menjadi bekal bayi dalam berprilaku Buku cerita yang interaktif dapat menstimulasi kemampuan mototik, sensorik dan daya keingintahuan anak.

3. Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga yang ada di rumah dapat dijadikan alat pukul untuk menghasilkan bunyi. Peralatan dapur dapat dijadikan main masak-masakan, kursi plastik dapat digunakan untuk didorong-dorong sambil belajar berjalan. 

Namun bayi perlu didampingi saat menggunakan alat-alat rumah tangga tersebut agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Manfaatnya adalah menstimulasi kemampuan motorik, pengetahun, pancaindera dan daya eksporasi.

4. Mainan Bergerak

Tunjukkan mainan yang bergerak untuk menarik perhatian bayi, kemudian letakkan mainan itu agak jauh dengan bayi. Biasanya bayi akan mencoba merangkak dan meraih mainan tersebut. Kemudian letakkan lebih jauh lagi agar kemampuan bayi meningkat. 

Manfaat dari stimulasi ini adalah meningkatkan kemampuan motorik si bayi, kekuatan otot-otot dan ketangguhan bayi ketika berusaha meraih mainan tersebut. Menstimulasi kemampuan sensori, apabila mainan yang digunakan beraneka warna dan konturnya berbeda-beda.

Stimulasi Bayi 10 Bulan 

Stimulasi Bayi 10 Bulan

Berikut ini stimulasi bayi 10 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.
  1. Berlatih berjalan dengan memegang tangan. Kaki dan tangan bayi disaat berusia 10 bulan biasanya mulai kuat, maka sudah bisa untuk dipegangi sebentar-sebentar.
  2. Bermain dengan memasukkan benda ke dalam lubang, menyusn donat plastik, menyusun balok.
  3. Bermain di atas matras yang beraneka ragama, kemudian sambil diperkenalkan warna dan bentuk.
  4. Bernyanyi dengan sambil bertepuk-tepuk tangan
  5. Memperkenalkan masing-masing dari nama-nama anggota keluarga 
  6. Melakukan latihan dengan berjalan memakai dorongan
  7. Bermain Cilukba, dengan bermain cilukba akan melatih kemampuan bayi untuk mencari benda yang bergerak.
  8. Bernyanyi, dengan bernyanyi bermanfaat untuk mengajarkan anggota tubuh ke bayi kita, pastikan menggunakan lagu yang ceria, jadi bayi akan senang untuk bernyanyi.
  9. Naik tangga, dengan naik tangga akan melatih keberanian si bayi.
  10. Main mobil-mobilan atau bola, dengan menggelindingkan bola menjadikan si bayi tertarik untuk bergerak, dengan begitu akan melatih si bayi untuk belajar merangkak.
  11. Ajak Berbicara, dengan berbicara kepada bayi, walaupun bayi tersebut belum bisa membalas omongan kita, namun mereka sudah mengerti dan ibu tetap terus semangat mengajak bayi untuk tetap berbicara.

Stimulasi Bayi 11 Bulan

Berikut ini stimulasi bayi 11 bulan yang dapat ibu berikan kepada si bayi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

1. Menggunakan Mainan Bertemakan olahraga

Bayi akan lebih lincah, karena si bayi senang memperaktekkan keterampilan untuk bergerak. Mainan bertemakan olahraga seperti basket, baseball dan lain-lain, memberikan kesempatan bagi bayi untuk memperbaiki gerakannya seperti melempar, menggelinding, dan melatih keterampilan motorik lain.

Seperti menikmati sorakan dena dorongan dari orang tua yang meningkatkan percaya diri si bayi.

2. Mainan dapat Dirangkai atau Dirakit

Bayi akan jauh lebih terampil dengan tangannya, bersemangat untuk memperaktekkan keterampilan dan kepandaian dalam bermain. Mainan yang dapat  dirangkai dan dirakit sangat baik dalam melatih kererampilan motorik halus.

3. Mainan dapat Disusun dan Dibangun

Mainan dapat disusun dan dibangun dapat memberikan pengalaman bayi dalam memecahkan masalah dan memberikan kesenangan. Menyelesaikan tantangan sedikit demi sedikit akan membantu bayi untuk menemukan jawaban bagi mereka sendiri dan mempersiapkan mereka untuk mengatasi tantangan berikutnya.

4. Mainan Ayunan

Mainan ayunan dapat memberikan pengalaman baru pada dunia si bayi, yaitu membantu bayi memahami arah maju mundur ke atas dan ke bawah.

5. Mainan Tarik dan Dorong

Mainan tarik dan dorong akan membangun kepercayaan bayi dan bayi suka membawa sesuatu yang bergerak.

6. Telepon Mainan

Meniru kata-kata membantu anak untuk belajar. Telepon mainan sangat baik membantu anak dalam mendorong anak berbicara, mendorong anak untuk bercakap dua arah dan sebagai dasar untuk meningkatkan keterampilan bayi dalam berkomunikasi.

Komentar