Langsung ke konten utama

Bawa Anak Anda Untuk Imunisasi Segera

Bawa Anak Anda Untuk Imunisasi Segera
Bawa Anak Anda Untuk Imunisasi Segera

Bawa Anak Anda Untuk Imunisasi Segera. Suatu upaya meningkatkan kekebalan seseorang terhadap penyakit, sehingga jika suatu saat terkena penyakit tersebut, maka tidak akan sakit, hanya sakit ringan saja adalah pengertian dari imunisasi.

Sejak tahun 1977 Indonesia sudan melaksanakan imunisasi. Namun, pada zaman Belanda di Indonesia juga sudah pernah dilaksanakan. 

Pada tahun 1956 setelah merdeka imunisasi sudah dilaksanakan yaitu imunisasi cacar dan BCG.

Dengan imunisasi terbukti dapat menghilangkan atau mengurangi berbagai penyakit. 

Penyakit infeksi adalaha penyakit yang disebabkan kuman, berupa bakteri, jamur, virus, parasit yang asalnya dari luar tubuh manusia.

Sistem imun yang ada pada tubuh kita akan mengenal kuman yang masuk sebagai musuhnya, yang harus dihancurkan, dengan imunitas akan terbentuk zat anti bodi kepada kuman tersebut dan sifatnya spesifik terhadap kuman tersebut.

Jadi, imunisasi ialah memberikan antigen lewat vaksin ke dalam tubuh sehingga tubuh membentuk anti bodi sebagai  respon dari tubuh.

Pada tahun 1972, Indonesia bebas dari penyakit cacar. Dan tahun 1985 tampak penurunan kejadian penyakit menular seperti penyakit difteri, tetanus, pertusis, campak dan polio.

Sekarang, di Indonesia sudah tersedia beragam vaksin untuk mencegah penyakit menular. Vaksinnya bisa didapatkan di Posyandu dan Puskesmas dengan gratis.

Vaksin yang tersedia, dan merupakan perogram kementerian kesehatan, yakni :

  1. Hepatitis B untuk menangkal penyakit Hepatitis B, diberikan saat bayi baru lahir.
  2. BCG untuk menangkal penyakit tuberkulosis, diberikan saat usia 1 bulan cukup 1x seumur hidup.
  3. Polio untuk menangkal penyakit Poliomielitis diberikan saat usia 1, 2, 3, 4 dan 18 bulan. 
  4. DPT-HiB-Hepatitis B untuk menangkal penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Meningitis, Hepatitis B diberikan saat usia 2, 3, 4, 18 bulan kemudian saat kelas 1 SD (Vaksin DT), dan kelas 2 serta kelas 5 SD (Vaksin Td). 
  5. MR untuk menangkal penyakit campak dan rubella. Di tahun 2017 vaksin MR ini baru dilakukakan di Indonesia untuk tahap 1, sedangkan tahap 2 dilakukan di luar pulau Jawa. Vaksin ini menggantikan vaksin Campak sebelumnya.

Vaksin ini berfungsi untuk menangkal penyakit Campak dan Rubella serta menangkal menularnya ke ibu yang sedang hamil untuk mencegah kelahiran bayi dengan cacat (Sindrom Rubella Kongenital). 

Imunisasi ini akan dapat dirasakan, jika cakupannya tinggi.  Ada istilah Herd Immunity (kekebalan komunitas/Kelompok). 

Jika, cakupan imunisasi >80% maka manfaat perlindungan dari imunisasi akan didapatkan. Bila dalam suatu kelompok, sebagian besar anak mendapat imunisasi, maka akan dapat memberi perlindungan kepada anak-anak lain yang tidak melakukan diimunisasi. 

Kekebalan kelompok/komunitas sangat berguna bagi anak yang belum boleh mendapatkan vaksin, seperti anak yang sedang sakit berat, anak yang sedang mengalami penyakit defisiensi imun, kanker, penderita AIDS, dan yang sedang kemoterapi atau pengobatan steroid jangka panjang.

Namun, jika cakupan imunisasi kurang dari 60% dalam suatu komunitas atau kelompok, maka dikhawatirkan bisa mengalami risiko timbulnya wabah, hal ini sangat dikhawatirkan jika terjadi.

Jadi, silakan Ayah/Ibu segera membawa anak-anak untuk mendapatkan vaksin yang disediakan untuk kekebalan terhadap penyakit infeksi guna menciptakan imunitas kelompok atau komunitas.  

Komentar